buah durian

Ciri-Ciri, Kandungan dan Budidaya Buah Durian

Diposting pada

Ciri-Ciri, Kandungan dan Budidaya Buah Durian

Buah durian (durizo zibethinus) biasanya memiliki ciri-ciri banyak duri di permukaannya dan kulit yang keras sehingga penampilan buah ini memang tergolong unik. Jika buah dibuka maka di dalamnya terdapat daging dengan rasa yang enak dan aroma khas yang sangat dicintai oleh para penyuka durian.

Buah berduri ini merupakan buah yang biasanya tumbuh di daerah tropis dan umumnya ditemukan di kawasan Asia Tenggara termasuk Indonesia. Nama ‘durian’ sendiri diambil dari nama permukaan atau kulitnya yang berduri dan buah ini juga sering disebut sebagai Raja Buah-buahan atau ‘King of Fruit’.

buah durian

Ciri-ciri buah durian yang unik

Ciri-ciri buah durian yaitu kulitnya yang keras, berduri dan berlekuk-lekuk tajam. Aroma buah ini juga sangat kuat dan khas, jika daging ini dimakan maka rasanya legit. Durian memiliki banyak jenis. Beberapa varietas buah ini yang tergolong populer di tengah masyarakat antara lain seperti: durian Bawor, durian Petruk, durian musangking, durian montong, durian pelangi dan durian merah.

Buah durian ini termasuk buah musiman alias hanya ada di musim-musim tertentu saja. Buah ini juga sudah menyebar di berbagai kawasan Asia dan termasuk diperjual belikan hingga Amerika bahkan Eropa. Komoditas buah ini memang bisa dikatakan memiliki peluang bisnis yang cukup bagus.

Kandungan gizi durian

Sebagai raja dari buah-buahan, jelas durian mempunyai beberapa kandungan gizi yang baik. Buah durian mengandung vitamin apa saja yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Contoh kandungan durian antara lain seperti: vitamin B, vitamin C, thiamin, magnesium, kalium, zat besi, riblovafin, fosfor, seng, omega 3 dan 6. Selain kandungan tersebut, durian juga mengandung protein, karbohidrat, tryptophan, polyphenol, antioksidan, phytonuritien, organosulfur dan lemak jenuh.

Salah satu kandungan dalam durian yaitu phytonuritien dipercaya dapat mematikan zat yang bisa menyebabkan sakit kanker ataupun mencegah kanker. Kandungan ini juga bermanfaat meningkatkan imunitas tubuh, mengatasi penyakit jantung dan diabetes. Zat lain yang berguna adalah kandungan vitamin C nya, dalam buah ini terkandung vitamin C sebesar 200 mg per 100 gram daging buah dan angka ini merupakan jumlah tertinggi dalam buah. Vitamin C sendiri bermanfaat sebagai sumber antioksidan. Berikut ini kandungan buah durian:

  • Nutrisi per 100 gram (3,5 0z)
  • Vitamin C 19.7 mg (33%)
  • Lemak 5,33 G
  • Karbohidrat 27.09 G
  • Serat Pangan 3.8 G
  • Kalium 436 mg (9%)
  • Protein 1.47 G
  • Air 65g
  • Energi 615 kj (147 kcal)
buah durian

Budidaya buah durian

Budidaya durian menjadi salah satu peluang bisnis yang bagus. Pasalnya buah durian masih sangat jarang baik di pasar tradisional maupun supermarket. Apalagi buah durian termasuk buah musiman yang harganya cukup mahal jika dibandingkan dengan buah-buah lainnya.

Pembudidayaan durian dapat dimulai dari penentuan lokasi kemudian pembibitan, pengolahan tanah, penanaman, hingga pemeliharaan sampai durian siap dipanen dari pohonnya. Cara melakukan budidaya buah durian ini tergolong mudah apalagi kalau menanam buah durian montong yang memang paling banyak dibudidayakan seperti di Indonesia.

Rata-rata pohon durian tumbuh di dataran rendah maupun di hutan-hutan campuran. Tapi ada pula durian yang dibudidayakan menggunakan pot. Pohon durian sendiri paling banyak ditemukan di daerah Kalimantan karena daerah ini memiliki banyak hutan dengan dataran rendah dimana cocok digunakan untuk menanam pohon durian dan membudidayakannya. Demikian informasi mengenai buah durian yang semoga bermanfaat untuk menambah wawasan Anda akan buah unik serta ajaib ini.

One thought on “Ciri-Ciri, Kandungan dan Budidaya Buah Durian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *