cara menanam vanili

Cara Menanam Vanili Agar Hasilkan Bubuk Berkualitas

Diposting pada

Cara Menanam Vanili Agar Hasilkan Bubuk Berkualitas

Cara menanam vanili agar bisa tumbuh subur dapat dilakukan dengan beberapa tips. Tanaman vanili digunakan untuk menghasilkan bubuk vanili yang beraroma harum dan manis, biasanya digunakan dalam pengolahan masakan. Tanaman dengan nama latin Vanilia planifola ini memiliki buah penghasil bubuk yang bentuknya hampir mirip kacang polong. Sering juga disebut vanila, panila atau perneli.

cara menanam vanili

Cara menanam vanili dengan benar

Tanaman vanili umumnya dapat tumbuh dengan baik di daerah tropis dengan tanah yang subur, lempung berpasir, gempur serta kaya akan bahan organik. Jika Anda tertarik melakukan budidaya penanaman vanili, maka berikut cara menanam vanili yang benar:

  1. Mempersiapkan bibit vanili

Pilihlah bibit tanaman vanili yang unggul dan sehat dengan produktivitas yang tinggi serta bebas dan tahan dari hama penyakit. Setelah mendapatkan bibit yang baik, potong bagian sulur batang sepanjang 30-35 cm. Potongan ini gunanya untuk jadi bibit stek. Setelah itu tanam bibit ke polybag yang diisi dengan campuran tanah ditambah pupuk kompos perbandingan 2:1. Lakukan perawatan dan penyiraman hingga tanaman berusia 2-3 bulan. Untuk polybagnya gunakan ukuran 25×40 cm.

  1. Siapkan lahan tanam

Lahan untuk menanam vanili dibersihkan dari tanaman liar dan gulma, kemudian pastikan tanah gembur dengan cara dibajak atau dicangkul. Lalu 6-8 bulan sebelum dilakukan penanaman vanili, tanam terlebih dahulu tumbuhan pelindung sebagai media rambat dari tanaman vanili. Kalau tidak ingin repot maka opsi lain gunakan tiang kayu sebagai media rambatnya.

  1. Mulai melakukan penananam

Langkah selanjutnya yaitu mulai melakukan penanaman dengan cara memindahkan tanaman vanili dari polybag ke lahan ketika bibit tanam sudah berusia 6-7 bulan. Cara menanam vanili di polybag kemudian dipindahkan ke lahan tak boleh sembarangan atau asal cabut saja. Pertama-tama, lepaskan secara perlahan bibit tanam dengan hati-hati agar akar tak pecah, setelah itu tanamkan ke lubang tanah yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Lubang tanam berukuran 25x20x12 cm dengan jarak antar lubang sekitar 1×2 meter. Direkomendasikan waktu penanaman di musim penghujan agar mendapat air cukup.

cara menanam vanili
  1. Perawatan tanaman vanili

Perawatan tanaman vanili terdiri dari beberapa proses antara lain melakukan penyulaman: pada tanaman yang mati/ tumbuh kurang optimal sebelum tanaman berumur 2 minggu. Cara ini akan memastikan semua tanaman dapat tumbuh seragam. Selain itu, perawatan dilakukan dengan penyiraman, pemupukan ulang, serta pengaturan perambatan/ sulur dengan cara memotong sulur kering dan jelek. Lakukan pengaturan sulur ini 3-4 bulan sekali agar bunga dapat dirangsang untuk tumbuh dengan lebih baik.

Terakhir adalah melakukan penyerbukan tanaman vanili. Cara menanam vanili modern ini dilakukan sebagai upaya agar tanaman tumbuh buah. Umumnya bunga vanili akan keluar saat berusia 1,5-3 tahun. Lakukan penyerbukan ini melalui bantuan alat batang kecil/ lidi. Setelah itu cek apakah ada rostellum yang menghalangi putik dan kepala sari, jika ada maka ambil rostellum lalu satukan putik dan kepala sarinya.

  1. Tanaman vanili siap dipanen

Pemanenan buah vanili bisa dilakukan setelah berusia 7-8 bulan setelah penyerbukan. Pemanenan dapat dilakukan secara berkala selama 1-2 bulan. Cukup dengan mengambil buah vanili dengan tangan kemudian lakukan penyortiran, pemeraman 1-2 hari, dan pengeringan. Setelah itu vanili bisa dikemas untuk dijual di pasaran.

Itulah cara menanam vanili hingga bisa menghasilkan bubuk vanili untuk dijual di pasaran. Tips penanaman di atas merupakan cara paling gampang dan umum dilakukan oleh petani budidaya tanaman vanili.

One thought on “Cara Menanam Vanili Agar Hasilkan Bubuk Berkualitas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *