bibit vanili

Cara Memilih dan Mempersiapkan Bibit Vanili Sebelum Ditanam

Diposting pada

Cara Memilih dan Mempersiapkan Bibit Vanili Sebelum Ditanam

Bibit vanili digunakan dalam penanaman atau budidaya tanaman vanili yang menghasilkan buah untuk diolah menjadi bubuk vanili beraroma harum dan manis. Tanaman yang dihasilkan dari bibit ini biasanya memiliki batang sebesar jari telunjuk orang dewasa, beruas dan berwarna hijau. Tanaman vanili sendiri dapat tumbuh dengan cara merambat pada batang pohon/ tanaman lain ataupun batang kayu. Sehingga jika ingin membudidayakan tanaman ini harus diberi media perambat.

bibit vanili

Tips memilih bibit vanili yang berkualitas baik

Sebelum melakukan penanaman vanili, cara memilih bibit vanili yang berkualitas adalah langkah penting untuk diperhatikan. Bibit tanaman vanili sendiri bisa diperoleh dengan 2 cara, yaitu: menggunakan biji atau cara generatif dan dengan cara stek atau cara vegetatif. Rata-rata petani memperoleh bibit dengan cara vegetatif/ stek.

Untuk mendapatkan bibit dengan cara stek sangatlah mudah. Anda bisa membelinya di toko tanaman secara online/ offline. Tapi Anda juga bisa menanamnya sendiri dari biji maka pilihlah biji berumur tua lalu dijemur sampai kering. Sayangnya memakai biji langsung akan jauh lebih lama dan susah. Itulah sebabnya lebih banyak orang memilih bibit tanaman vanili stek, pemilihan bibit unggulan dapat memperhatikan kriteria berikut:

  • Bibit stek harus tidak cacat atau rusak, sehingga perhatikan betul-betuk saat beli bibit stek.
  • Cek apakah bibit stek merupakan bibit unggulan yang siap dan layak ditanam. Cirinya yaitu bibit stek mencapai panjang sekitar 30-40 cm.
  • Kalau tidak ingin membeli stek, maka bisa diambil langsung dari tanaman vanili misalnya jika ada kerabat/ tetangga yang memiliki tanaman vanili.
  • Jika memilih stek dari pohonya langsung maka pilihlah batang yang sudah tua dan akan lebih bagus mengambil dari induk pohon yang sudah mencapai tinggi paling tidak sekitar 2-3 meter.

Itulah tadi beberapa kriteria dalam pemilihan bibit vanili stek dan generatif yang baik untuk ditanam. Jika sudah mendapatkan bibit unggulan siap tanam, maka langkah berikutnya mulai melakukan persiapan lahan dan perawatan tanaman hingga siap untuk dipanen.

bibit vanili

Cara mempersiapkan bibit vanili untuk ditanam

Bibit-bibit vanili yang didapatkan perlu dipersiapkan terlebih dahulu agar dapat tumbuh dengan baik yaitu dengan cara:

  • Bersihkan bibit yang didapatkan dengan memakai lap atau tisu.
  • Ambil wadah atau ember kemudian isi dengan air sampai penuh.
  • Rendamlah bibit-bibit vanili tersebut ke dalam air dan jika ada bibit yang mengapung sebaiknya dibuang karena itu tanda bibit tak layak untuk ditanam. Anda cukup merendam bibit selama 10-15 menit.
  • Ambil bibit stek dari air lalu kurangi air di dalam ember. Keringkan bibit stek tersebut dengan lap kering atau tisu.
  • Masukkan kembali bibit stek ke dalam air, hanya saja masukkan ujung steknya saja ke dalam air selama 5-7 hari.
  • Agar prosesnya lebih cepat, maka bisa masukkan pupuk cair ke dalam air di dalam ember tersebut. Aduk dan campur hingga merata.
  • Jika Anda ingin tahu apakah cara ini berhasil atau gagal maka coba perhatikan di bagian atas stek yang direndam. Cek apakah ada daun-daun tunas yang muncul dan mengarah ke bagian bawah stek direndam.

Itulah tadi cara memilih bibit vanili yang berkualitas baik serta mempersiapkannya hingga siap tanam. Saat mempersiapkan lahan, pastikan kelembaban tanahnya sehingga jangan sampai tanah terlalu kering karena tanaman vanili tak tahan kekeringan. Tanah haruslah gembur dan subur, campur juga dengan pupuk kompos atau organik. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

2 thoughts on “Cara Memilih dan Mempersiapkan Bibit Vanili Sebelum Ditanam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *